Salah satu masalah yang sering kita temukan di sekolah khususnya pada mata pelajaran fisika adalah rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa dengan menggunakan permainan tradisonal yang disajikan dalam bentuk video stop motion. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Sampel terdiri dari 39 siswa kelas X SMA. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini dalam bentuk angket motivasi ARCS yang terdiri dari; Attention (perhatian), Relevance (Relevansi), Confidance (Percaya diri) dan Satifaction (kepuasan). Data motivasi belajar fisika siswa dianalisis melalui analisis deskriptif kuantitatif. Hasil analisis data memperlihatkan bahwa rata-rata peserta didik menyukai dan merasa termotivasi saat menggunakan media permainan tradisional kelereng dengan menggunakan video stop motion pada materi hukum kekekalan momentum dengan kategori sangat baik. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan kelereng yang disajikan dalam bentuk video stop motion dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik.
Copyrights © 2021