Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 6 No. 4 (2021): Desember

Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Praya Barat Daya

Maulawi Majid Abdul Aziz (Universitas Mataram)
Muhammad Tahir (Universitas Mataram)
Itsna Oktaviyanti (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
14 Jan 2022

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui “Pengaruh Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus I Kecamatan Praya Barat Daya Tahun Pelajaran 2021/2022”. Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan desain quasi eksperimental design tipe nonequivalent control group design Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa di SDN Gugus I Kecamatan Praya Barat Daya. Teknik pengambilan sampelnya menggunakan teknik cluster random sampling sehingga terpilih SDN Inpres Mentokan dan SDN 4 Darek sebagai tempat penelitian. Selanjutnya dilaksanakan penelitian pada semester gasal tahun pelajaran 2021/2022. Metode pengumpulan datanya adalah observasi, dan tes. Pengujian prasyarat analisis menggunakan uji normalitas dan uji homogenitas. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis uji t-test dengan menggunakan polled varians. Berdasarkan hasil posttest, diperoleh nilai rata-rata hasil belajar belajar matematika pada kelas eksperimen sebesar 83, sedangkan kelas kontrol adalah 72. Analisis uji t poilled varians diperoleh hasil 2,124 (thitung) > 1,714 (ttabel) pada taraf signifikansi 5% yang berarti bahwa Ho ditolak dan Ha diterima dengan kesimpulan yaitu terdapat pengaruh yang positif dan signifikan dalam penerapan pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) terhadap hasil belajar matematikapada siswa kelas IV SDN Gugus II Kecamatan Praya Barat Daya Tahun Ajaran 2021/2022.  Kata Kunci: Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar matematika.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...