Jurnal Studi Sosial Program Pascasarjana P-IPS
Vol 3, No 1 (2015): Jurnal Studi Sosial

MODEL BERMAIN PERAN DAN JIGSAW MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL MEMPERHATIKAN POLA ASUH

Nikki Tri Sakung (Universitas Lampung)
Pargito Pargito (Universitas Lampung)
Edy Purnomo (Universitas Lampung)



Article Info

Publish Date
25 Jun 2015

Abstract

The purpose of this study was to determine: the difference between the student's social skills model of role playing and jigsaw model with parenting attention. The research method was experiment research. Analysis of the data was using a two way analysis of variance and t-test of two independent samples. Conclusions of this study were: (1) there was a difference between student learning social skills using role playing models and ofusing jigsaw model with parenting attention, (2) the social skills students in which democratic patterns was better than permissive parentingTujuan penelitian ini untuk mengetahui: perbedaan keterampilan sosial siswa yang menggunakan model bermain peran dan modelJigsawdengan memperhatikan pola asuh orang tua siswa.Metode penelitian adalah penelitian eksperimen. Analisis data menggunakan analisis varians dua jalan dant-test dua sampel independen. Kesimpulan penelitian: (1) terdapat perbedaan keterampilan sosial siswa yang pembelajarannya menggunakan model bermain peran dengan modelJigsawdengan memperhatikan pola asuh orang tua (2) keterampilan siswa yang pola asuhnya demokratis lebih baik dibandingkan dengan pola asuh orang tuanya permisif.Kata kunci: bermain peran, keterampilan sosial, tipejigsaw,pola asuh orang tua

Copyrights © 2015