Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 3 (2022): September

Hubungan Pengelolaan Kelas dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Gugus I Moyo Hilir Tahun Ajaran 2021/2022

Alif Imam Fadhlurrahman (Universitas Mataram)
Lalu Hamdian Affandi (Universitas Mataram)
Nurhasanah Nurhasanah (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
11 Jul 2022

Abstract

Pengelolaan kelas merupakan suatu upaya pemberdayagunakan potensi yang ada di kelas seoptimal mungkin untuk menciptakan suasana pembelajaran yang efektif agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Pengelolaan kelas dibagi menjadi tiga komponen kegiatan yaitu pengendalian perilaku siswa, interaksi sosial yang efektif dan produktif, serta penataan lingkungan fisik di kelas. Dengan pengelolaan kelas yang baik dapat terciptanya suasana pembelajaran yang efektif dan efisien sehingga berpengaruh untuk hasil belajar siswa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus I Moyo Hilir. Metode penelitian ini merupakan kuantitatif korelasional. Sampel penelitian yaitu siswa kelas V SDN Gugus I Moyo Hilir. Pengambilan sampel yaitu dengan metode non-probability sampling atau sampel total. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik dokumentasi dan angket atau kuisioner. Berdasarkan hasil perhitungan uji hipotesis dapat diketahui bahwa pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPS terdapat korelasi sebesar 0,647 > 0,227 sesuai dengan pengujian maka Ha diterima. Sehingga ditarik kesimpulan ada hubungan antara pengelolaan kelas dengan hasil belajar IPS siswa kelas V SDN Gugus I Moyo Hilir Tahun Ajaran 2021/2022 pada kategori yang tinggi. Hal ini terlihat dengan anak dapat belajar dalam percepatan proses dan progres, organisasi kelas dan materi menjadi sederhana, mudah dicerna dan situasi kelas kondusif, serta anak dapat belajar dengan penuh rasa percaya diri atau menganggap dirinya mampu mengikuti pelajaran dan belajar berprestasi.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...