Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 7 No. 3c (2022): September

Dampak Gerakan Literasi Sekolah Terhadap Karakter Mandiri Siswa: Studi di SMPN 15 Mataram

Andriyazmi Urfaupratiwi (Universitas Mataram)
Dahlan Dahlan (Universitas Mataram)
Lalu Sumardi (Universitas Mataram)
M. Zubair (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
18 Oct 2022

Abstract

Literasi merupakan salah satu program sekolah yang dijadikan sebagai pembiasaan kepada peserta didik dan seluruh warga sekolah. Penelitian ini dilakukan untuk mengkaji dampak implementasi program gerakan literasi sekolah dalam membentuk karakter mandiri siswa di SMPN 15 Mataram, Nusa Tenggara Barat. Penelitian ini termasuk jenis penelitian studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa gerakan literasi sekolah dilaksanakan dalam dua kategori, yaitu literasi baca tulis dan literasi digital. Selain itu terdapat kegiatan untuk mengembangkan karakter mandiri siswa dalam gerakan literasi sekolah seperti; memahami buku bacaan secara mandiri, penguatan karakter mandiri, melakukan tugas mandiri, memahami informasi secara mandiri, keterampilan menulis karya ilmiah secara mandiri. Dari temuan peneliti dapat disimpulkan bahwa gerakan literasi sekolah baik untuk mengembangkan karakter mandiri siswa. 

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...