Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 8 No. 1 (2023): Februari

Analisis Kesulitan Siswa dalam Menyelesaikan Soal HOTS Pada Muatan IPS Kelas V di SDN 12 Ampenan

Fida Hariani (Universitas Mataram)
Muhammad Tahir (Universitas Mataram)
Itsna Oktaviyanti (Universitas Mataram)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Pendidikan abad ke-21 menuntut siswa untuk memperoleh pengetahuan yang luas dan kompleks dengan berbagai keterampilan termasuk keterampilan berpikir tingkat tinggi, keterampilan di tempat kerja, keterampilan media, informasi dan teknologi. Soal berbasis HOTS melatih siswa untuk terbiasa memecahkan masalah yang membutuhkan keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan kesulitan siswa dalam menjawab soal HOTS pada muatan IPS kelas V di SDN 12 Ampenan. Pedekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Subyek penelitian terdiri dari 27 siswa Kelas V. Teknik pengumpulan data diambil dengan tes dan wawancara. Adapun 15 soal pilihan ganda muatan IPS berbasis HOTS sebagai instrumen tes. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Milles dan Huberman diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan inferensi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 10 siswa memenuhi KKM dan 17 siswa tidak memenuhi KKM dengan nilai terendah 40 sedangkan nilai tertinggi 93. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa dalam mengerjakan  soal HOTS diantaranya kesulitan memahami perintah soal, kesulitan memahami arti gambar, kesulitan memahami pilihan jawaban, kesulitan mengetahui arti kata, kesulitan menyesuaikan daftar kata pada soal dengan pilihan jawaban, kesulitan dalam memberikan saran atau solusi, kesulitan dalam menentukan pilihan jawaban, dan kesulitan konsentrasi dalam mengerjakan soal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...