Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar siswa pada materi nilai-nilai Pancasila yang belum mencapai KKM serta media pembelajaran yang digunakan guru masih terbatas, yaitu bersumber dari buku saja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan media komik digital dalam meningkatkan hasil belajar pada materi nilai-nilai Pancasila siswa kelas IV Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D) yang menggunakan model pengembangan Borg and Gall. Uji validitas produk dilakukan oleh validator ahli materi dan validator ahli media. Uji coba produk dilakukan kepada siswa kelas IV SD. Hasil dari penelitian ini adalah: 1) proses pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran pada materi nilai-nilai Pancasila; 2) kelayakan komik digital yang dinilai sangat valid oleh para ahli dengan rata-rata nilai validasi 96,2%; 3) respon siswa terhadap komik digital sangat valid dengan persentase sebesar 90,3% 4) hasil uji t menunjukkan nilai sig (2-tailed) 0,000 < 0,05 dan dinyatakan terdapat perbedaan rerata hasil pretest dan posttest pada uji terbatas dan uji luas, sehingga dapat disimpulkan bahwa komik digital dapat meningkatkan hasil belajar pada materi nilai-nilai Pancasila siswa kelas IV SD.
Copyrights © 2023