Tujuan penelitian ini untuk mengetahui seberapa besar faktor eksternal memengaruhi hasil belajar siswa. Faktor eksternal dalam penelitian ini yaitu (1) untuk menganalisis pengaruh pendidikan karakter terhadap hasil belajar. (2) Untuk menganalisis pengaruh pola asuh oang tua terhadap hasil belajar. (3) Untuk menganalisis pengaruh pergaulan teman sebaya terhadap hasil beljar. Jenis penelitian ini menggunakann pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI SMA N 1 Baturraden. Jumlah sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah 131 siswa yaitu 20 kelas yang terdiri dari kelas X dan XI MIPA dan IPS. . Teknik pengambilan sampling menggunakan stratified random sampling. Berdasarkan penelitian dan analisis data menujukkan bahwa (1) Pendidikan karakter berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XI SMA N 1 Baturraden. Adanya pengaruh yang positif menunjukkan bahwa semakin baik metode penanaman pendidikan karakter maka akan semakin baik pula pengaruhnya terhadap hasil belajar siswa. (2) Pola asuh orang tua berpengaruh positif terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XI SMA N 1 Baturraden. Hal ini menujukkan bahwa semakin baik pola asuh yang diterapkan orang tua dalam mengawasi setiap perkembangan belajar siswa maka akan semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh siswa. (3) Pergaulan teman sebaya berpengaruh terhadap hasil belajar siswa kelas X dan XI SMA N 1 Baturraden. Hal ini menunjukkan bahwa semakin baik hubungan pergaulan teman sebaya yang dibentuk antar siswa, maka akan semakin baik pula hasil belajar yang diperoleh siswa
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2020