Soedirman Economics Education Journal
Vol 2 No 2 (2020)

PENGARUH POTENSI DIRI, LINGKUNGAN SEKOLAH DAN TINGKAT PENDIDIKAN ORANG TUA TERHADAP MINAT SISWA MELANJUTKAN STUDI KE PERGURUAN TINGGI DI MAN 1 BANYUMAS

Solihat, Soli (Unknown)
Nurfitri, Titi (Unknown)
Nawarini, Alisa Tri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2020

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis pengaruh potensi diri, lingkungan sekolah dan tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kuantitatif. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MAN 1 Banyumas. Untuk menganalisis hipotesis menggunakanan anlisis regresi linier berganda. Kesimpulannya yaitu : 1. terdapat pengaruh positif potensi diri terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi; 2. terdapat pengaruh positif lingkungan sekolah terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi ; 3. tidak terdapat pengaruh tingkat pendidikan orang tua terhadap minat siswa melanjutkan studi ke perguruan tinggi. Kata Kunci : Potensi diri, Lingkungan sekolah, Tingkat pendidikan orang tua, Minat, Perguruan Tinggi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

seej

Publisher

Subject

Education

Description

Soedirman Economics Education Journal offers publication articles about learning methods, education technology, learning evaluation, learning design, innovation in learning, and learning media emphasizing local wisdom. Submitted articles can be in the form of research results or literature studies. ...