Journal of Classroom Action Research
Vol. 5 No. 1 (2023): Februari

Analisis Kesulitan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Materi Spldv Ditinjau Dari Jenis Kelamin

Fandi Ahmad (Unknown)
Muhammad Turmuzi (Unknown)
Junaidi (Unknown)
Baidowi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 May 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesulitan siswa dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV ditinjau dari jenis kelamin siswa kelas VIII SMP Negeri 1 Narmada tahun ajaran 2022/2023. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian ini berjumlah 6 siswa yang terdiri dari 3 berjenis kelamin laki-laki dan 3 berjenis kelamin perempuan dengan kemampuan awal matematika yang berbeda-beda. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu tes dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan yaitu model Miles & Hubarman dengan langkah-langkah reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil analisis data menunjukkan: 1) Siswa berjenis kelamin laki-laki dengan kemampuan awal matematika tinggi dan sedang mengalami kesulitan dalam meyelesaikan soal cerita materi SPLDV pada tahap melihat kembali hasil; 2) Siswa berjenis kelamin laki-laki dengan kemampuan awal matematika rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV pada tahap merencanakan strategi penyelesaian masalah, melaksanakan rencana penyelesaian masalah dan melihat kembali hasil; 3) Siswa berjenis kelamin perempuan dengan kemampuan awal matematika tinggi tidak mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV; 4) Siswa berjenis kelamin perempuan dengan kemampuan awal matematika sedang mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian pada operasi hitung; 5) Siswa berjenis kelamin perempuan dengan kemampuan awal matematika rendah mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal cerita materi SPLDV pada tahap melaksanakan rencana penyelesaian dan tahap melihat kembali hasil; 6) interpretasi kemampuan menyelesaikan masalah menurut Polya dengan nilai tertinggi 72,2225 diperoleh oleh siswa perempuan dengan kemampuan awal matematika sedang dan nilai terendah 44,45 dioeroleh oleh siswa laki-laki dengan kemampuan awal matemtika rendah.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jcar

Publisher

Subject

Education Other

Description

Journal of Classroom Action Reseach (Jurnal Penelitian Tindakan kelas) e-ISSN:2656-2340 , p-ISSN: 2656-3460 adalah jurnal yang memuat artikel hasil penelitian-penelitian kelas baik dari kalangan guru, dosen, maupun dari hasil penelitian mahasiswa. Journal of Classroom Action Reseach merupakan salah ...