M. Alias[1], Eli[2], Masula Turohmah[3] [1]M. Alias (Universitas Muhammadiyah Pontianak), Indonesia[2]Eli (Universitas Muhammadiyah Pontianak), Indonesia[3]Masula Turohmah (Universitas Muhammadiyah Pontianak), Indonesia AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Persiapan guru dalam pembelajaran al-Qur’an hadits pada materi ilmu tajwid siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Pontianak; 2) Metode yang digunakan guru dalam pembelajaran al-Qur’an hadits pada materi ilmu tajwid siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Potianak; 3) Hambatan guru dalam pembelajaran al-Qur’an hadits pada materi ilmu tajwid siswa kelas XI SMA Muhammadiyah 2 Pontianak. Metode penelitian ini adalah metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data, menggunakan redukasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Teknik pemeriksaan keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan memberchek. Hasil penelitian: 1) Mempersiapkan RPP, media pembelajaran, dan penilian. 2) Menggunakan metode ceramah, Tanya jawab, talaqqi, dan resitasi. 3) Hambatan, minimnya waktu, siswa tidak memahami ilmu tajwid secara luas, dan faktor siswa yang muallaf. Kata Kunci: Pembelajaran Al-Qur’an Hadits, Ilmu Tajwid
Copyrights © 2023