Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)
Vol. 4 No. 1 (2023): Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ)

Pengaruh Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Dan Suku Bunga Bank Indonesia Terhadap Harga Saham Perusahaan Sub Sektor Farmasi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia (BEI) Periode 2017-2021

Ni Nyoman Septi Artadiyani (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)
Acep Samsudin (Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jawa Timur)



Article Info

Publish Date
29 Jan 2023

Abstract

Salah satu penentu investor untuk menanamkan sahamnya pada suatu perusahaan adalah harga saham. Harga saham dapat dipengaruhi oleh berbagai faktor internal dan eksternal. Fluktuasi harga saham merupakan faktor ekonomi makro yang mempengaruhi kinerja Bursa Efek Indonesia (BEI). Faktor ekonomi makro terdiri dari inflasi, nilai tukar dan suku bunga bank. Artikel ini membahas tentang pengaruh variabel independen antara lain inflasi, nilai tukar rupiah dan suku bunga Bank Indonesia terhadap harga saham pada perusahaan subsektor farmasi yang telah terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI). Penelitian menggunakan periode 2017-2021 dengan populasi 8 perusahaan subsektor farmasi. Metode penelitian ini menggunakan metode regresi linier berganda dengan memasukkan asumsi klasik dan metode koefisien determinasi (R2). Kesimpulan dari penelitian ini adalah variabel independen (Inflasi, Nilai Tukar Rupiah dan Suku Bunga Bank Indonesia) tidak berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen (harga saham). Sedangkan inflasi, nilai tukar rupiah dan suku bunga Bank Indonesia secara simultan tidak mempengaruhi harga saham perusahaan subsektor farmasi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia (BEI) periode 2017-2021. Dengan koefisien determinasi yang dihasilkan, yaitu hanya 7,8%.  

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

msej

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management

Description

Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ) is published by Yayasan Pendidikan Riset dan Pengembangan Intelektual (YRPI) as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of management (Finance, Human Resource, ...