JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika)
Vol. 6 No. 2 (2022): JATI Vol. 6 No. 2

PENERAPAN A* PATHFINDING DAN FSM (FINITE STATE MACHINE) PADA GAME “LOST CIVILIZATION” BERBASIS ANDROID

Satrio, Imam (Unknown)
Santi Wahyuni, Febriana (Unknown)
Rudhistiar, Deddy (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Game adalah salah satu sarana untuk hiburan atau sekedar melepas penat, Sebagian besar masyarakat Indonesia banyak memainkan game lewat ponsel mereka, untuk saat ini game banyak diracang dalam bentuk 2D maupun 3D, tidak jarang juga dalam setiap ponsel pasti terpasamg sebuah aplikasi game, apalagi di era teknolgi sekarang game mudah didapatkan dengan melalui aplikasi penyedia game seperti Playstore dan Appstore. Dalam sebuah game juga banyak mengimplementasikan berbagai kecerdasan buatan guna untuk membuat perilaku npc (non player character) mirip dengan perilaku manusia. Game ini mengimplementasikan metode A* pathfindinguntuk mencari lokasi player dengan memperhitungkan jarak total terkecil yang dilali setiap node dan menggunakan metode FSM (Finite State Machine) untuk membuat tingkah laku musuh dengan menggunakan tiga hal yaitu State (Keadaan), Event (kejadian) dan action (aksi). Pengujian kecerdasan buatan yag diimplementasikan akan diuji dengan melakukan pengujian model alpha testing untuk A* pathfinding dan Finite State Machine, pengujian blackbox juga dilakukan guna menguji apakah fungsi sistem yang sudah dubuat dapat berjalan dengan baik atau tidak. Dari pengujian yang telah dilakukan tersebut didapatkan hasil implementasi metode algorita A* dengan tingkat 100% akurasi dalam menemukan lokasi player dalam menentukan rute tercepat agar menemukan lokasi player dengan menggunakan nilai total terkecil didapat dari perhitungan setiap node. Finite State Machinepada enemy juga sudah bisa melakukan aksi sesuai dengan perilaku player, dari pengujian 10 orang responden, didapatkan hasil 7 orang menyatakan baik sekali dan 3 orang menyatakan baik.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jati

Publisher

Subject

Computer Science & IT

Description

Adalah jurnal mahasiswa yang diterbitkan oleh Teknik Informatika Institut Teknologi Nasional Malang, sebagai media publikasi hasil Skripsi Mahasiswa Teknik Informatika ke khalayak luas, diterbitkan secara berkala 6 kali setahun pada bulan Februari, April, Juni, Agustus, Oktober, ...