Kepuasan pasien termasuk indikator keberhasilan pelayanan kesehatan di rumah sakit melalui pelayanan asuhan keperawatan yang profesional serta menerapkan perilaku caring perawat sebagai fondasi dalam pelayanan keperawatan. Penelitian bertujuan untuk menganalisis hubungan perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien selama masa pandemi Covid-19 di Puskesmas Wolomarang. Ini adalah jenis penelitian kuantitatif memanfaatkan desain penelitian analitik korelasi. Teknik purposive sampling sebagai teknik sampling yang digunakan dan besar sampel penelitian ini sejumlah 117 responden yang berkunjung ke Puskesmas Wolomarang. Hasil penelitian menunjukan 78 (66,7%) responden memperoleh perilaku caring perawat dengan kategori baik dan sejumlah 80 (68,4%) responden memperoleh kepuasan dengan kategori baik. p value dari uji chi square didapatkan sejumlah 0,000. Maka dari hal tersebut, bisa disimpulkan, ada hubungan antara perilaku caring perawat dengan kepuasan pasien selama masa pandemi Covid-19 di Puskesmas Wolomarang. Maka diharapkan kepada perawat pemberi asuhan agar meningkatkan kualitas pelayanan keperawatan dengan cepat dan tepat, memiliki rasa empati, mampu membina hubungan saling percaya, serta membangun komunikasi yang efektif dan efisien.
Copyrights © 2023