Jurnal Pembelajaran Fisika
Vol 3, No 2 (2015): Jurnal Pembelajaran Fisika

PENGARUH KETERAMPILAN TIK TUTORIAL SEBAGAI REMEDIAL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA

Ni Wayan Desi Astiti (Unknown)
I Dewa Putu Nyeneng (Unknown)
Ismu Wahyudi (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 May 2015

Abstract

This researchaimed to describe the influence oftutorial ICT skills for physics learning asremedialfor students physics learning result. Experimental designused aform ofPre-Experimental Design withOneGroupPre TestPost TestDesign type. The researchwas carried out byseveral procedures, they were:planning included a preliminary observation, implementation, testing of student ICT skills, collecting data, analyzing data, makingconclusion, andmaking report. Remediallearningusingtutorial ICT media could affectand enhancethe learning activities. Based on the analysisresults usingregression equation, showed that there was theinfluence of tutorialICT skillsas aremedial for students learningresultsPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengaruh keterampilan TIK tutorial sebagai remidial untuk pembelajaran fisika terhadap hasil belajar siswa. Desain eksperimen menggunakan bentuk Pre-Eksperimental Design dengan tipe One Group Pre Test-Post Test Design. Penelitian dilakukan dengan beberapa tahap, yaitu: perencanaan berupa observasi pendahuluan, pelaksanaan, uji coba tes keterampilan TIK siswa, pengumpulan data, analisis data, penarikan kesimpulan, dan penyusunan laporan. Pembelajaran remedial dengan menggunakan media TIK tutorial ternyata dapat mempengaruhi dan meningkatkan kegiatan pembelajaran. Berdasarkan hasil analisis menggunakan persamaan regresi menunjukkan bahwa ada pengaruh keterampilan TIK tutorial sebagai remedial terhadap hasil belajar siswa.Kata kunci: keterampilan TIK tutorial, pembelejaran dengan TIK tutorial, pembelajaran remedial.

Copyrights © 2015






Journal Info

Abbrev

JPF

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pembelajaran Fisika (p-ISSN: 2302-0105, e-ISSN: 2684-9828) is a media publication for researchers, lecturers, teachers, educational practitioners, and students, related to issues of physics teaching and learning innovation which include: 1. Assessment including formative, summative, ...