Remaja di Kabupaten Purwakarta masih minim dalam memahami pentingnya pendidikan. Penelitian ini bertujuan diantara lain untuk mengetahui kesadaran anggota XTC terhadap pendidikan formal, apa yang menjadi penyebab putus sekolah di kalangan anggota XTC, upaya pengurus XTC dalam meningkatkan kesadaran anggotanya agar mengikuti pendidikan formal, respon keluarga anggota XTC terhadap pendidikan formal. Teori ini menggunakan teori menurut Triyono dalam UU No.20 Tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif, penelitian yang dilaksanakan hanya berdasarkan fakta-fakta yang ada di lapangan di Kabupaten Purwakarta yang mewawancarai ketua ormas, anggota, masyarakat/ keluarga anggota XTC. Jenis dan sumber data menggunakan data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data melalui observasi partisipatif, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Pengujian keabsahan data dalam uji keabsahan data dilakukan triangulasi sumber, teknik, dan waktu. Kesadaran anggota XTC terhadap pendidikan formal mereka menganggap pendidikan itu penting, tapi ada beberapa anggota yang menganggap pendidikan itu kurang penting; Penyebab putus sekolah dikalangan anggota XTC karena faktor lingkungan dan ekonomi; Upaya organisasi masyarakat XTC dalam meningkatkan kesadaran anggotanya pengurus XTC membuat program kerja sekolah gratis; Respon keluarga anggota XTC terhadap pendidikan formal menyikapi dengan baik dan menganggap bahwa pendidikan formal penting.
Copyrights © 2023