Kompetensi
Vol 11 No 2 (2018): Kompetensi

UPAYA MENINGKATKAN DISIPLIN GURU DALAM KEHADIRAN MENGAJAR DI KELAS MELALUI KETELADANAN OLEH KEPALA SEKOLAH DI SMP NEGERI 5 PENAJAM PASER UTARA TAHUN PELAJARAN 2017-2018

Prayitno Prayitno (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2018

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses meningkatkan disiplin guru dalam kehadiran mengajar di kelas melalui keteladanan oleh kepala sekolah . Penelitian dilakukan dengan dua siklus dan masing-masing siklus terdiri atas empat tahapan, yakni: perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Indikator keberhasilan yang ditetapkan adalah: bila minimal terdapat 85 % guru tergolong sangat baik dan baik dalam aspek kehadiran mengajar di kelas, maka sudah dapat dikatakan tindakan yang diterapkan berhasil. Aspek yang diukur dalam menilai keberhasilan tindakan adalah kehadiran guru di sekolah pada Umumnya dan kehadiran Guru pada saat mengajar di kelas. Dari analisis diperoleh bahwa terjadi peningkatan kedisiplinan guru dalam kehadiran mengajar di kelas dari siklus I ke siklus II. Ketercapaian indikator kinerja terdapat pada tindakan ke II. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa melalui Keteladanan oleh Kepala sekolah dapat meningkatkan Kehadiran guru dalam mengajar di Kelas pada guru kelas 7,8 dan 9 di SMP Negeri 5 Penajam Paser Utara.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...