Kompetensi
Vol 12 No 1 (2019): Kompetensi

PENGARUH METAKOGNISI DAN KEAKTIFAN BELAJAR SISWA TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA

Ayu Arsya Ulichusna (Unknown)
Tri Hariyati Nur Indah Sari (Unknown)
Ganjar Susilo (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jun 2019

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh metakognisi dan keaktifan belajar siswa terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Balikpapan Tahun Ajaran 2018/2019 baik secara bersama-sama maupun secara parsial. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 6 Balikpapan yaitu sebanyak 357, sedangkan sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas VIII-4 dan VIII-9 sebanyak 73 siswa. Teknik sampling yang digunakan peneliti yaitu menggunakan teknik cluster random sampling. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian adalah kuantitatif asosiatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini berupa angket metakognisi, angket keaktifan belajar siswa dan tes hasil belajar matematika. Dalam penelitian ini menggunakan uji f dan uji t, dan terdapat pengaruh signifikansi pada uji f 0,013 < 0,05, pengaruh signifikansi keaktifan belajar siswa pada uji t 0,004 < 0,05 dan tidak terdapat pengaruh pada metakognisi 0,270 ≥ 0,05.

Copyrights © 2019






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...