Kompetensi
Vol 14 No 2 (2021): Kompetensi

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PANTUN MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VIII SMP HKBP SIDIKALANG

Yowana Putri (Universitas Prima Indonesia)
Ramadhan Saleh Lubis (Universitas Prima Indonesia)
Resi Masna Warni Saragih (Universitas Prima Indonesia)
Anggreini Sitorus (Universitas Prima Indonesia)
Farida Br Simarmata (Universitas Prima Indonesia)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pantun melalui media gambar. Data yang peneliti ambil bersumber dari kelas VIII 1 SMP Swasta HKBP dengan jumlah 30 siswa. Jika dilihat dari hasil tes, masih ada siswa yang belu memahami langkah-langkah dan kaidah menulis pantun. Siswa masih kesulitan menuangkan ide-ide serta kosa kata yang mereka miliki. Penelitian ini adalah jenis PTK dengan menggunakan media gambar dan teknik pengumpulan data dengan observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses peningkatan keterampilan menulis pantun melalui media gambar mengalami peningkatan. Hal ini dapat dilihat dari hasil rata-rata setiap siklus, pada tahap prasiklus hanya mencapai rata-rata 69,1 dan belum mencapai indikator. Namun, terjadi peningkatan pada siklus I dengan rata-rata 79,5 dan pada siklus II terjadi peningkatan kembali dengan rata-rata 82,7. Dengan ini peneliti menyatakan bahwa pembelajaran menulis pantun melalui media gambar dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam menulis pantun.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...