Kompetensi
Vol 15 No 2 (2022): Kompetensi

PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS ARTICULATE STORYLINE 3 MATERI GAYA PADA SISWA KELAS IV SDN 009 SUNGAI KUNJANG

Erna Suhartini (Universitas Mulawarman)
Wandini Intan Ayu (Universitas Mulawarman)
Buhari Muhammad Ramli (Universitas Mulawarman)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2022

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kebutuhan pendidikan terhadap media pembelajaran yang mengimbangi kemajuan zaman. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran berbasis Articulate Storyline 3 materi gaya pada siswa kelas IV di SDN 009 Sungai Kunjang. Metode yang diterapkan dalam penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan prosedur pengembangan model Borg and Gall yang dimodifikasi peneliti menjadi 5 tahapan yaitu meliputi tahap pengumpulan informasi, pengembangan produk awal, validasi produk yang ditinjau oleh validator, uji coba, dan penyempurnaan produk. Teknik pengumpulan data kuesioner digunakan dalam penelitian ini adalah yang berupa analisis kebutuhan, penilaian kelayakan media, dan respon peserta didik. Hasil dari penelitian ini adalah media pembelajaran berbasis Articulate Storyline yang telah dilakukan penilaian kelayakan mendapatkan rata-rata persentase oleh ahli media sebesar 80,5% yang berarti dalam kategori “tinggi”, mendapatkan rata-rata persentase oleh ahli materi sebesar 96,875% yang berarti dalam  kategori “sangat tinggi”, dan dari hasil kuesioner respons peserta didik sebanyak 28 peserta didik dengan uji coba kelompok kecil mendapatkan hasil respons positif hasil rata-rata persentase 94,92% dan kelompok besar mendapatkan hasil rata-rata persentase 98,10% yang keduanya berarti dalam kategori “sangat tinggi”.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

jurnal-kompetensi

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Mathematics Social Sciences Other

Description

Kompetensi terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember. Jurnal ini berisi tulisan ilmiah hasil penelitian maupun kajian pustaka dalam bidang pendidikan, sosial, ekonomi, sains dan humaniora. Artikel dapat ditulis dalam bahasa Indonesia maupun Inggris. P-ISSN : 2087-0485 dan E-ISSN : ...