Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat
Vol. 4 No. 1 (2023): Educivilia: Jurnal Pengabdian pada Masyarakat

Implementasi Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Bahasa Arab Kelas 5 Madrasah Ibtidayyah Ulil Amri

Sahidah, Siti (Unknown)
Dwi Purwanti, Atik (Unknown)



Article Info

Publish Date
30 Jan 2023

Abstract

Pendidikan merupakan gerbang utama untuk menghasilkan sumber daya manusia yang cerdas dan unggul, termasuk di dalamnya yaitu mempelajari bahasa asing. Dalam prosesnya, mempelajari bahasa asing, terutama bahasa Arab, setiap siswa pasti mengalami kesulitan belajar, karena mereka mempelajari bahasa yang sangat jarang mereka gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan hasil pengamatan di MI Ulil Amri, menunjukkan bahwa para siswa cukup antusias dalam pelajaran bahasa Arab, namun mereka mengalami kesulitan dalam mengingat kosa kata. Oleh karena itu, metode bernyanyi kosa kata anggota tubuh dalam bahasa Arab diterapkan agar siswa dapat dengan mudah menghafal dan mengingat kosa kata anggota tubuh. Penerapan metode bernyanyi dalam pembelajaran bahasa Arab yang dilaksanakan di kelas 5 MI Ulil Amri melibatkan beberapa Maharah (keterampilan belajar bahasa Arab), yaitu Maharatul Kitabah, Maharatul Istima’, Maharatul Qiraah, langkah terakhir yaitu penerapan bunyi dan pengamatan tulisan bahasa Arab ke dalam nada/lagu untuk dinyanyikan. Metode bernyanyi merupakan metode pembelajaran yang menggunakan syair-syair yang dilagukan. Biasanya syair/lirik yang digunakan disesuaikan dengan materi yang akan diajarkan. Dengan bernyanyi, anak dapat meluapkan rasa gembira, suka cita, dan suatu yang menyenangkan. Penerapan metode bernyanyi kosa kata anggota tubuh dalam bahasa Arab cukup memudahkan siswa dalam menghafal kosa kata bahasa Arab, khususnya anggota tubuh. Rekomendasi untuk langkah selanjutnya, bisa menggunakan gerakan saat menyanyikan kosa kata anggota tubuh dalam bahasa Arab, sehingga lebih efektif dan siswa semakin bersemangat dalam belajar menghafal kosa kata bahasa Arab, terutama kosa kata anggota tubuh.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

educivilia

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media

Description

Educivilia: Jurnal Pengabdian Pada Masyarakat adalah jurnal yang menerbitkan artikel-artikel penelitian sebagai hasil pengabdian masyarakat yang telah memiliki nomor P-ISSN 2721-1541 dan E-ISSN 2721-5113 dengan Focus dan Scope pada bidang pendidikan yang dikelola oleh Fakultas Keguruan dan Ilmu ...