Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mendeskripsikan pelaksanaan model pembelajaran demonstrasi dalam meningkatkan kemampuan menulis puisi bebas (2) Mendeskripsikan tingkat kemampuan menulis puisi bebas setelah pelaksanaan model pembelajaran demonstrasi (3) Mendeskripsikan perubahan perilaku yang menyertai peningkatan kemampuan menulis puisi bebas dalam pelaksanaan model pembelajaran demonstrasi. Hasil evaluasi prasiklus dari 25 siswa 8 siswa mendapat nilai ≥ KKM (75) atau tuntas 32%. Setelah melalui dua tindakan yaitu pembelajaran siklus I dan sikklus II menunjukkan peningkatan kemampuan dan perubahan perilaku siswa yang sangat signifikan, yakni 25 siswa mendapatkan nilai di atas KKM (75) atau tuntas 88%. Dapat disimpulkan bahwa berdasarkan hasil tersebut pembelajaran menggunakan model pembelajaran demonstrasi berbantuan kartu kata dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa pada materi menulis puisi bebas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023