Pendidikan merupakan suatu investasi jangka panjang yang memerlukan usaha dan dana yang cukup besar. Pendidikan juga menjadi sarana utama yang perlu di kelola secara sistematis dan konsisten berdasarkan berbagai pandangan teori dan praktik yang berkembang dalam kehidupan. Pendidikan juga memiliki pengertian yaitu, Pendidikan berasal dari kata dasar didik ,mendapatkan awalan pe- dan sisipan huruf –n- dan ditambah akhiran –an. Pendidikan telah didefinisikan secara berbeda-beda oleh para pakar. Pemikiran mereka banyak di pengaruhi oleh pandangan dunia masing-masing dalam Murtopo (2016:7-8). Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini bertujuan untuk mengetahuin tentang pengaruh media alat peraga visual terhadap kemampuan berfikir kreatif siswa.Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini dilakukan di SMA Negeri 2 Rantau Utaradengan materi kubus dan balok di kelas VIII.Pengabdian kepada Masyarakat (PkM) ini menggunakan metode eksperimen.Subjek peneliti dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan control sebagai populasi dari seluruh siswa SMA Negeri 2 Rantau Utaradengan sampel kelas VIII A berjumlah 22 siswa sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII B berjumlah 40 siswa sebagai kelas control. Intrumen yang digunakan berupa soal uraian. “ Nilai sig ( 2-tailet) sebesar 0,281 ˃ 0,05 maka sebagaimana besar pengambilan keputusan dalam uji indenpendent sample t-test dapat disimpulkan bahwa Ho diterima dan Ha ditolak dengan demikian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh yang signifikan antara rata-rata nilai berfikir kreatif siswa pada kelas eksperimen dan kontrol”.
Copyrights © 2021