Pertumbuhan ekonomi Indonesia turut dikembangkan oleh usaha kecil dan menengah (UKM). UKM sendiri terkadang dihadapkan kurangnya akses pasar dan berjuang untuk merumuskan strategi bisnis yang tepat untuk diaplikasikan. UKM Saleh Pisang Nazen merupakan usaha makanan ringan yang berada di desa Tambaknegara Kecamatan Rawalo. Usaha ini mulai berdiri sejak tahun 2020. Makanan ringan berbahan dasar pisang ini hadir dengan cita rasa manis yang khas karena terbuat dari pisang yang matang dan manis. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan analisis SWOT terhadap strategi peningkatan daya saing Saleh Pisang Nazen. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, dismpulkan bahwa UKM Saleh Pisang Nazen memiliki peluang yang bagus untuk dikembangkan dengan memaksimalkan branding Saleh Pisang Nazen, terus melakukan inovasi dan lebih kreatif dalam menciptakan varian rasa baru dan aneka olahan pisang, harus menjaga kualitas bahan baku yang digunakan untuk memastikan kualitas produk olahannya serta aktif melakukan promosi melalui media sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023