Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peranan pemasaran dalam meningkatkan laba usaha pada usaha tahu milik Pak Jedo di Kelurahan Penatoi Kota Bima. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Adapun informan dalam penelitian ini adalah pemilik dan karyawan pada perusahaan tahu Pak Jedo sebanyak 2 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi yang dilakukan pada usaha tahu/tempe dalam meningkatkan laba usaha, yaitu: (a) strategi produk (b) strategi harga (c) strategi distribusi dan (d) strategi promosi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dampak positif usaha tahu/tempe, yaitu: (1) meningkatnya volume penjualan sehingga menghasilkan keuntungan atau laba yang tiap tahunnya meningkat. (2) mampu menambah nilai perekonomian keluarga, termasuk juga karyawan yang bekerja. (3) konsumen semakin puas dengan produk yang berkualitas dan harga yang terjangkau. Berdasarkan hasil penelitian diatas dapat disimpulkan bahwa penerapan strategi pemasaran memiliki peranan penting dalam meningkakan laba usaha pada usaha. Pemasaran dapat meningkatkan volume penjualan sehingga menghasilkan keuntungan atau laba yang setiap tahunnya meningkat, sehingga mampu menambah nilai perekonomian keluarga.
Copyrights © 2023