Waktu tunggu pelayanan pasien di poliklinik merupakan salah satu penilaian mutu dalam suatu rumah sakit. Waktu tunggu yang lama mengindikasikan adanya suatu miss managemen waktu. Managemen waktu yang baik bisa dimulai dengan pengaturan penjadwalan pasien secara online, dimana pasien dapat mengetahui kapan harus datang ke rumah sakit sesuai dengan jadwal yang diberikan oleh pihak rumah sakit. Waktu tunggu yang lama akan membuat keramaian dan beresiko meningkatkan angka komplain terhadap pelayanan rumah sakit. Tujuan : memberikan gambaran dan gagasan dari manfaat penerapan sistem penjadwalan online terhadap angka waktu tunggu pelayanan pasien di Poliklinik Instalasi Paviliun, untuk menghindari keramaian dan menurunkan angka komplain pasien terhadap pelayanan rumah sakit melalui tinjauan literatur. Pembahasan : hasil telah dan review 11 jurnal pilihan, disimpulkan bahwa penerapan penjadwalan online telah banyak diterapkan dalam rangka mengurangi waktu tunggu pelayanan pasien poliklinik. Rekomendasi : Pengaplikasian atau penerapan penjadwalan online dapat dilakukan oleh peneliti selanjutnya untuk melihat pengujian keefektifitasan penjadwalan online pada pasien poliklinik.
Copyrights © 2023