PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat
Vol 3 No 1 (2023)

OPTIMALISASI PENDIDIKAN AGAMA ISLAM TERHADAP MORAL SISWA DI SMK SWASTA BINA TARUNA 1 MEDAN

Muhammad Ali Hanafiah (Unknown)
Surya Nur Habibah (Unknown)
Nurhatami (Unknown)
Ju Ilham Khairil Akbar (Unknown)
Eka Mentari (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2023

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini antara lain untuk mengetahui materi pendidikan agama islam yang disampaikan ketika proses pembelajaran berlangsung di SMK Swasta Bina Taruna 1 Medan, metode yang dipakai ketika proses penyampaian materi ajar dalam mengoptimalkan pendidikan agama islam kepada siswa, mengetahui kondisi moral siswa secara objektif, mengetahui usaha dari optimalisasi pendidikan agama islam terhadap pembentukan moral siswa dan mengetahui problem yang dihadapi dan upaya dari pemecahannya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Hasil penelitian ini bahwa keadaan moral siswa diketahui tergolong sangat baik berarti pendidikan agama islam sangat berperan penting terhadap pembentukan moral siswa. Keyword: Pendidikan Agama Islam dan Moral Siswa Abstract: The purpose of this study, among others, is to find out the Islamic religious education material that is delivered when the learning process takes place at Bina Taruna 1 Medan Private Vocational School, the methods used when the process of delivering teaching material in optimizing Islamic religious education to students, knowing the moral condition of students objectively, know the efforts of optimizing Islamic religious education towards the formation of student morale and knowing the problems faced and the efforts to solve them. This study uses a qualitative method with a case study approach. The results of this study show that the moral condition of students is classified as very good, meaning that Islamic religious education plays a very important role in the formation of student morale. Keyword: Islamic Religious Education and Student Morals

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

pendalas

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

PENDALAS: Jurnal Penelitian Tindakan Kelas dan Pengabdian Masyarakat (ISSN: Proses; E-ISSN:2807-7334) adalah jurnal yang menerbitkan hasil-hasil penelitian bidang pendidikan umum maupun pendidikan keagamaan, sosial budaya, sosial keagamaan, sosial ekonomi, dan hasil riset penelitian kebijakan ...