Mimbar Pendidikan Indonesia
Vol. 3 No. 1 (2022): January

Model Problem Based Instruction Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA

Dewii, Ni Komang Yulia (Unknown)
Negara, I Gusti Agung Oka (Unknown)
Suniasih, Ni Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jan 2023

Abstract

Kurang aktif dan cepat bosan saat pembelajaran serta siswa cenderung menghafal dan sulit memahami konsep pembelajaran yang terkait dengan muatan materi IPA. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual terhadap kompetensi pengetahuan IPA siswa kelas IV SD. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Non Equivalent Control Group Design. Populasi dari penelitian ini adalah siswa Kelas IV SD yang berjumlah 181 orang. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik classter random sampling. Metode pengumpulan data dengan metode tes. Instrumen penelitian dengan tes pilihan ganda. Teknik analisis dengan analisis kuantitatif. Rata-rata gain skor ternormalisasi kelompok eksperimen yaitu sebesar 0,649 dan rata-rata gain skor ternormalisasi kelompok kontrol sebesar 0.186. Data kompetensi pengetahuan IPA dikumpulkan dengan tes hasil belajar. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan uji-t polled variance. Hasil analisis uji-t menunjukkan bahwa t hitung sama dengan 17,204 lebih dari ttabel sama dengan 2,000, maka H0 ditolak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan model Problem Based Instruction berbantuan media audio visual terahadap kompetensi pengetahuan IPA kelas IV SD.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JIPI2

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Mimbar Pendidikan Indonesia (MPI) dalah salah satu jurnal yang menjadi wadah untuk mempublikasikan artikel yang berkaitan dengan hasil peneitian yang berkaitan dengan ilmu pendidikan. jurnal ini akan terbit sebanyak 3 kali dalam waktu setahun. Januari, Mei, dan ...