e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 9, No 1 (2021): (Januari-April) e-JIPSD (Under Maintenance)

Peningkatan Hasil Belajar Siswa menggunakan Pendekatan Saintifik dalam Pembelajaran Tematik di Kelas II SDN 07 Pasar Salido

Atika Fitria (Universitas Negeri Padang)
Masniladevi Masniladevi (Universitas Negeri Padang)



Article Info

Publish Date
18 Feb 2023

Abstract

Salah satu model pembelajaran yang dapat diterapkan dalam pembelajaran tematik terpadu adalah saintifik. Proses pembelajaran yang diharapkan hasil belajar melahirkan peserta didik yang produktif, kreatif, inovatif dan afektif melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi. Pendekatan saintifik yang dimaksud untuk memberikan pemahaman kepada siswa dalam mengenal, memahami berbagai materi secara ilmiah, bahwa informasi berasal dari mana saja, kapan saja, tidak tergantung pada informasi satu arah dari guru.Penelitian ini dilaksanakan pada semester II Januari – Juni  tahun ajaran 2019/2020. Dikelas II SDN 07 Pasar Salido Kabupaten Pesisir Selatan. Jenis penelitian yang akan dilakukan ialah penelitian tindakan kelas yang akan dilaksanakan dengan menggunakan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dengan  II siklus, siklus 1 dengan 2 kali pertemuan Pada Hari Kamis 5  Maret, Kamis 12 Maret 2020 dan siklus II 1 kali pertemuan pada hari Senin 16 Maret 2020.Hasil penelitian RPP siklus I 77,27 % (B), siklus II 93,18 % (A). Hasil pelaksanaan pembelajaran Aktifitas guru siklus I 80 % (B), siklus II meningkat menjadi 95% (A) dan Aktifitas siswa siklus I 72,5 % (C), siklus II meningkat menjadi 95% (A). Hasil belajar siswa siklus I 59,99 % (C), siklus II meningkat menjadi 88,33 (A).

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...