e-Jurnal Inovasi Pembelajaran Sekolah Dasar
Vol 2, No 2 (2014): (Agustus-Desember) e-JIPSD

PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENGUKURAN WAKTU DENGAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK INDONESIA (PMRI) KELAS III SD

Yati, Rismi Fidra (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Jul 2018

Abstract

ABSTRAK Penelitian ini didasari atas rendahnya hasil belajar siswa, karena pendekatan yang digunakan guru belum mampu menjadikan pembelajaran bermakna bagi siswa.Dimulai dari kondisi ini, penelitian dilakukan dengan menggunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik Indonesia (PMRI) untuk meningkatkan hasil belajar siswa.PMRI merupakan pendekatan pembelajaran yang dilakukan dengan memulai pembelajaran dari masalah- masalah real yang biasa ditemui siswa dalam kesehariannya, siswa mengkonstruksi dan mengembangkan ide untuk menemukan konsep matematika.Jenis penelitian ini adalah PTK dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Penelitian dengan menggunakan pendekatan PMRI dapat meningkatkan hasil belajar siswa, dari  69.93 disiklus I menjadi 82.65 di siklus II. Kata Kunci :hasil belajar pengukuran waktu ; pendekatan PMRI  

Copyrights © 2014






Journal Info

Abbrev

pgsd

Publisher

Subject

Education

Description

The e-Jurnal of Elementary School Learning Innovation (e-JIPSD) is a vehicle for scientific publications originating from research and conceptual studies of lecturers, experts, education practitioners, teachers, and students who have a deep concern for progress and development as well as learning ...