Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi impresi masyarakat Indonesia terhadap informasi ancaman resesi yang ada di berbagai berita online dan media sosial serta melihat lebih dalam peran dari literasi ekonomi dalam menaggapi berbagai fenomena ekonomi salah satunya adalah ancaman resesi. penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan menggali big data di internet khususnya berita online dan media sosial. Melalui metode crawling data dengan dashboard Netray, ditemukan sebanyak 828 berita dari 74 portal media online membahas topik resesi global sepanjang periode 4-11 Oktober 2022. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sentimen masyarakat terhadap isu resesi cenderung positif dari segi berita online dan twitter namun cenderung negatif pada media youtube. Berdasarkan komentar netizen Indonesia tampak bahwa sebagian dari mereka memahami bahaya resesi dan berbagi pengetahuan dalam kolom komentar. Hal ini menjadi bukti bahwa sebagian masyarakat sudah memiliki literasi ekonomi. Untuk itu sangat penting masyarakat kita memiliki kemampuan di bidang literasi ekonomi tanpa harus memahaminya dalam pendidikan formal.
Copyrights © 2023