Bunayya : Jurnal Pendidikan Anak
Vol 9, No 1 (2023)

PENGEMBANGAN KETERAMPILAN BERBICARA MELALUI PERKENALAN IDENTITAS DIRI ANAK DI PAUD VIEDU INKLUSI TEMBILAHAN KOTA

Faraz Lubis (UIN SUNAN KALIJAGA)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Keterampilan berbicara pada anak perlu mendapatkan stimulasi yang tepat agar berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan yang dilakukan oleh PAUD Viedu Inklusi dalam mengembangkan keterampilan berbicara pada anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru serta anak-anak di PAUD Viedu Inklusi Tembilahan Kota. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi kegiatan belajar mengajar. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, pengumpulan data serta verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah program yang dilakukan oleh PAUD Viedu Inklusi Tembilahan Kota dapat mengembangkan keterampilan berbicara pada anak dengan menggunakan rancangan pembelajaran harian mengangkat tema identitas diri. Dalam hal ini anak menceritakan tentang namanya, tempat tinggalnya, keluarga serta lingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kemipulan bahwa pengembangan keterampilan berbicara pada anak di PAUD Viedu Inklusi dapat mengembangkan keterampilan berbicara dengan menggunakan pengenalan identitas diri anak.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

bunayya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Bunayya (Jurnal Pendidikan Anak) Terbit 6 bulan sekali (Januari dan Juli) sudah dimulai sejak juni 2015, diterbitkan oleh program studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, UIN Ar-Raniry Banda Aceh. Jurnal ini diharapkan sebagai media bagi dosen, peneliti, ...