Keterampilan berbicara pada anak perlu mendapatkan stimulasi yang tepat agar berkembang secara optimal. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengembangan yang dilakukan oleh PAUD Viedu Inklusi dalam mengembangkan keterampilan berbicara pada anak. Metode penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru serta anak-anak di PAUD Viedu Inklusi Tembilahan Kota. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan observasi, wawancara serta dokumentasi kegiatan belajar mengajar. Teknik analisis data yang digunakan reduksi data, pengumpulan data serta verifikasi data. Hasil penelitian ini adalah program yang dilakukan oleh PAUD Viedu Inklusi Tembilahan Kota dapat mengembangkan keterampilan berbicara pada anak dengan menggunakan rancangan pembelajaran harian mengangkat tema identitas diri. Dalam hal ini anak menceritakan tentang namanya, tempat tinggalnya, keluarga serta lingkungan sekitarnya. Berdasarkan hasil penelitian di atas dapat ditarik kemipulan bahwa pengembangan keterampilan berbicara pada anak di PAUD Viedu Inklusi dapat mengembangkan keterampilan berbicara dengan menggunakan pengenalan identitas diri anak.
Copyrights © 2023