Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang perlu terus diasah pada peserta didik khususnya pada pembelajaran matematika. Metode penelitian yang digunakan pada artikel ini yaitu metode Systematic Literature Review (SLR). Hasil penelitian menunjukkan bahwa upaya perwujudan peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika dengan menerapkan berbagai skema pembelajaran misalkan model, pendekatan, strategi atau penggunaan media pembejaran untuk menstimulasi kemampuan berpikir kreatif siswa yang lebih baik. Sebagian besar upaya peningkatan kemampuan berpikir kreatif siswa dalam pembelajaran matematika terbukti efektif. Beberapa tantangan dalam usaha mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa yaitu penerapan skema pembelajaran yang memerlukan waktu yang relatif lama, siswa perlu beradaptasi dengan skema pembelajaran baru; tingkat kemampuan siswa yang bervariasi; siswa yang masih pasif dalam pembelajaran; skema pembelajaran yang hanya cocok pada topik tertentu; peralatan dan media pembelajaran yang masih kurang memadai; rendahnya minat belajar siswa; dan siswa belum terbiasa menyelesaikan soal kemampuan berpikir kreatif.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023