JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 2 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Pengaruh Peran Kepala Sekolah, Motivasi dan Iklim Kerja terhadap Kinerja Guru di SMP Swasta Se-Kota Pekalongan

Muhtadin, Muhtadin (Unknown)
Ghufron Abdullah (Unknown)
Noor Miyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah: (1) mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2) mengetahui besarnya pengaruh motivasi terhadap kinerja guru, (3) mengetahui besarnya pengaruh iklim kerja terhadap kinerja guru, (4) mengetahui besarnya pengaruh peran kepala sekolah, motivasi dan kinerja guru secara bersama-sama terhadap kinerja guru di SMP Swasta se Kota Pekalongan. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru SMP Swasta se Kota Pekalongan yang berjumlah 253, jumlah sampelnya 155 dengan teknik proporsional random sampling.  Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif.  Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner/angket.  Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif, uji dimensi, uji persyaratan dan uji hipotesis yang meliputi analisis regresi linier sederhana dan analisis regresi ganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: 1) peran kepala sekolah berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 46,8%, 2) motivasi berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 37,7%, 3) iklim kerja berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 36,6%, 4) peran kepala sekolah, motivasi dan iklim kerja secara simultan berpengaruh positif terhadap kinerja guru sebesar 53,2%.  Saran yang dapat peneliti sampaikan untuk peningkatan kinerja guru di SMP Swasta se Kota Pekalongan yaitu agar kepala sekolah dapat meningkatkan perannya terutama sebagai educator, guru dapat meningkatkan kinerjanya, sehingga dengan peningkatan kinerja guru akan meningkatkan kualitas pendidikan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...