JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)
Vol. 6 No. 2 (2023): JIIP (Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan)

Integrasi Teknologi Desmos dalam Pembelajaran Matematika: A Systematic Literature Review

Ramadani, Mikiyana (Unknown)
Pujiastuti, Heni (Unknown)
Faturrohman, Maman (Unknown)
Syamsuri, Syamsuri (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Feb 2023

Abstract

Society 5.0 merupakan era dimana pendidik diminta untuk mengintegrasikan teknologi ke dalam pembelajaran matematika. Teknologi yang seperti apa tentu tergantung dari kebutuhan topik pembelajarannya. Salah satu teknologi yang dapat digunakan adalah Desmos. Desmos ini memiliki berbagai macam fasilitas yang dapat dimanfaatkan oleh pendidik maupun peserta didik. Untuk mengetahui fakta terkait Desmos sebagai teknologi atau media dalam pembelajaran matematika dan berpengaruh terhadap aspek matematis apa saja, peneliti melakukan penelitian dengan metode SLR atau Systematic Literature Review. Metode ini dilakukan dengan mengumpulkan artikel-artikel yang membahas tentang Desmos baik yang berasal dari jurnal nasional maupun internasional. Artikel yang dikumpulkan hanyalah artikel yang terbit di jurnal yang telah terakreditasi Sinta atau Scopus. Artikel-artikel terkait diperoleh dari penelusuran Google Scholar, Researchgate, DOAJ dan Springer. Dari hasil penelusuran tersebut diperoleh 38 artikel yang berasal dari tahun 2015 sampai tahun 2022 dan akan dieliminasi sesuai kriteria inklusi yang sebelumnya telah ditetapkan. Berdasarkan penelitian ini diperoleh bahwa Desmos dapat diimplementasikan dalam pembelajaran matematika serta dapat meningkatkan kemampuan aspek matematis peserta didik.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

JIIP

Publisher

Subject

Humanities Education Mathematics Other

Description

JIIP – Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Jurnal ilmiah ber-ISSN yang difokuskan pada keilmuan pendidikan secara umum antara lain: Pendidikan Bahasa dan sastra Indonesia, Pendidikan Sejarah, Pendidikan Bahasa Inggris, Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Pendidikan Teknologi Informasi, Pendidikan ...