MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 1 (2023): MATHEMA

Analisis Literasi Matematis Peserta Didik Kelas VII Ditinjau Dari Gaya Kognitif Field Dependent dan Field Independent

Alfi Sahrina (Unknown)
Intan Bigita Kusumawati ((Sinta ID : 6098578), STKIP PGRI Sidoarjo)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan literasi matematis peserta didik kelas VII ditinjau dari gaya kognitif field dependent dan field independent. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dilaksanakan di SMPIT Nurul Islam Krembung kelas VII pada tahun ajaran 2020/2021. Penentuan subjek dilakukan dengan memberikan tes GEFT. Dari hasil tes GEFT diperoleh 2 subjek penelitian yaitu 2 peserta didik field dependent dan 2 peserta didik field independent. Analisis data dalam penelitian ini meliputi: kondensasi data, menyajikan data, dan menarik simpulan. Dari hasil penelitian ini diketahui bahwa peserta didik filed independent memenuhi seluruh proses literasi matematis yaitu merumuskan (formulate), menerapkan (employ), dan menafsirkan (interprete). Sedangkan peserta didik field dependent pada proses literasi matematis hanya memenuhi proses merumuskan (formulate).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...