MATHEMA: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA
Vol 5, No 1 (2023): MATHEMA

Persepsi Siswa terhadap Kinerja Guru Matematika pada Kompetensi Profesional

Khumaeroh Dwi Nur'aini (Musamus University)
Maria Fransina Veronica Ruslau (Universitas Musamus)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana persepsi siswa terhadap kinerja guru matematika pada kompetensi professional. Populasi dalam adalah seluruh siswa kelas VIII SMP BP Al-Munawwaroh Merauke yang berjumlah 66 siswa. Kuesioner persepsi siswa terhadap kinerja guru matematika menjadi Instrumen dalam pengumpulan data yang selanjutnya di analisis dengan menggunakan teknik analisis korespondensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara keseluruhan, persepsi siswa terhadap kinerja guru matematika pada kompetensi professional sudah baik. Hal ini mengindikasikan bahwa menurut siswa, kompetensi profesional guru matematika pada aspek penguasaan materi dan konsep secara umum telah dipenuhi oleh guru matematika, sehingga siswa dapat dengan mudah memahami materi pelajaran dan menyukai guru tersebut. Namun, untuk indikator pemanfaatan media dan teknologi pembelajaran dinilai perlu ditingkatkan lagi guna mendukung tercapainya pembelajaran yang efisien dan terbarukan.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jurnalmathema

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Mathema: Jurnal Pendidikan Matematika (E-ISSN: 2686-5823) is a single peer-reviewed journal published in Indonesia by the Faculty of Arts and Education, Universitas Teknokrat Indonesia. This journal aims to facilitate and promote the dissemination of scholarly information on research and development ...