Media sosial memainkan peran penting dalam pemasaran dan penjualan digital saat ini. Strategi pemanfaatan media sosial sebagai alat untuk mempromosikan dan mengarahkan pengunjung secara efektif dapat digunakan untuk meningkatkan penjualan produk olahan melalui aplikasi e-commerce. Tujuan dari pengabdian masyarakat ini adalah meningkatkan penjualan produk olahan keripik tempe sagu pada Kelompok Peningkatan Ketrampilan Usaha Rakyat (PKUR) BAROKAH yang saat ini dipasarkan secara brick-and-mortar. Permasalahan utama PKUR Barokah saat ini adalah pemasaran dan penjualan produk olahan yang dilakukan secara langsung ke konsumen dan konsinyasi pada toko oleh-oleh pada pasar lokal Kota Semarang. Pada saat terjadi pandemi Covid-19 sejak akhir tahun 2019 hingga saat ini telah menyebabkan produksi dan penjualan produk hasil olahan keripik sagu menurun secara drastis. Produksi, pemasaran dan penjualan adalah jantung dari kelangsungan industri usaha PKUR Barokah. Untuk mengatasi keadaan tersebut point pemasaran dan penjualan menjadi prioritas utama yang akan dicarikan solusi oleh tim pengabdian masyarakat Universitas Dian Nuswantoro. Adapun metode yang digunakan pada pengabdian ini meliputi persiapan, analisis situasi dan permasalahan mitra, solusi yang ditawarkan berupa rencana kegiatan dan implementasinya. Hasil pengabdian diharapkan dapat meningkatkan produksi olahan keripik sagu PKUR Barokah sebesar 20 - 30% dengan cara mengubah penjualan dari brick-and-mortar menjadi click-and-mortar melalui aplikasi e-commerce dengan dukungan strategi pemasaran tertarget melalui media sosial.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023