Jurnal Elementary : Kajian Teori dan Hasil Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar
Vol 6, No 1: Januari 2023

Meningkatkan Hasil Belajar IPA tentang Menguji Lemak pada Makanan melalui Metode Eksperimen Kelas V SDN 57 Buton

Sitti Hermayanti Kaif (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muslim Buton)
Fajrianti Fajrianti (Pendidikan Guru Sekolah Dasar, Universitas Muslim Buton)



Article Info

Publish Date
18 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar dan pelaksanaan pembelajaran menggunkan metode eksperimen. Lokasi penelitian dilaksanakan di SDN 57 Buton dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 9 siswa. Jenis penelitian ini yakni Penelitian Tindak Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi aktivitas siswa dan tese evaluasi pada setiap siklus. Berdasarkan hasil analisis yang didapat disimpulkan bahwa terdapat peningkatan aktivitas siswa dan hasil belajar siswa menggunakan metode eksperimen pada pelajaran IPA materi uji lemak pada makanan pada siswa kelas V SDN 57 Buton Tahun ajaran 2022/2023 pada sikluss I menunjukkan presentase tertinggi sebesar 79,5% pada indikator kehadiran, sedangkan presentase aktivitas siswa terendah sebesar 47,5% pada indicator kejujuran. Hasil belajar siswa siklus I siswa yang mencapai KKM dengan presentase sebesar 55,56%. Pada siklus II hasil observasi aktivitas siswa memiliki peningkatan yakni siswa mencapai di atas rata-rata dengan presentase 70%, dan untuk hasil belajar siswa meningkat dengan presentase sebeser 100%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

elementary

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal elementary merupakan jurnal yang memuat naskah atau hasil penelitian di bidang Pendidikan Dasar yang dikelola oleh Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) FKIP UM Mataram dan terbit pertama kali Januari 2018. Jurnal Elementary diperuntukan untuk mempublikasikan tulisan Dosen ...