Jurnal Ilmiah Satyagraha
Vol 6, No 1 (2023)

PENGARUH KUALITAS PRODUK DAN KEPUASAN PELANGGAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN PADA PADMA HERBAL BALI DI KABUPATEN TABANAN

NI GUSTI AYU PUTRI NURYATI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tabanan)
I NYOMAN GEDE MARTA MARTA (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tabanan)
I GUSTI AYU META PURMINA DEWI (Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Tabanan)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

AbstrakDalam kemajuan tekhnologi di berbagai bidang seperti sekarang ini, duniausaha semakin tinggi persaingan dalam bisnis, terutama di Indonesia di tandaidengan adanya perusahaan – perusahaan herbal yang banyak menawarkan produkherbal yang berkualitas dan mampu bersaing di pasaran.Setiap perusahaan selaluberusahauntukmempertahankankelangsunganhidupperusahaandenganmembuat produk yang efektif dan berkualitas supaya pelanggan merasa puas dantetaployalterhadapperusahaan.Padma Herbalmerupakansalahsatuperusahaanherbalyangmemasarkanprodukkesehatan,karenakualitasproduknya sudah sangat dipercaya konsumen dari tahun ke tahun menjadikanperushaan ini semakin berkembang pesat. Melihat latar belakang tersebut skripsiiniberjudul:“PengaruhKualitasProdukDanKepuasanPelangganTerhadapLoyalitas PelangganPadaPadma Herbal Bali di Kabupaten Tabanan. Perumusan masalahnya adalah Bagaimanakah pengaruh kualitas produkdan kepuasan pelanggan terhadap loyalitas pelanggan pada Padma Herbal Bali di Kabupaten Tabanan.Tujuandiadakanpenelitianiniuntukmengetahuidanmenganalisis pengaruh kualitas produk dan kepuasan pelanggan terhadap loyalitaspelanggan pada Padma Herbal Bali. Metode pengumpulan data yang dilakukandengancaraobservasi,wawancara,dankuesioner.Jumlahrespondendalampenelitian ini adalah 65, dalam penyebaran kuesioner dilakukan dengan metodeaccidental sample. Pada Uji hipotesis pertama (Uji t) H0 ditolak dan H1 diterima,karenanilaithitung4,752ttabel1,999dannilaisignifikansi0,0000,05.disimpulkan variabel X1 berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y.Uji hipotesis kedua (uji t) H0 ditolak dan H2 diterima, karena nilai thitung 2,946 ttabel1,999dannilaisignifikansi0,0050,05.DisimpulkanvariabelX2berpengaruh positif dan signifikan terhadap variabel Y. Uji Hipotesis ketiga ( UjiF) H0 ditolak dan H3 diterima, karena nilai Fhitung 50,616 Ftabel 3,15 dan nilaisignifikansi 0,000 0,05. Disimpulkan variabel X1 dan X2 berpengaruh positifdansignifikan terhadapvariabelY.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

satyagraha

Publisher

Subject

Economics, Econometrics & Finance Social Sciences

Description

Jurnal Ilmiah Satyagraha specializes in Economics and is intended to communicate original research and current issues on the subject. This journal warmly welcomes contributions from scholars of related disciplines. Specifically, the journal will deal with topics, including but not limited to: ...