Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2023

PENDIDIKAN MENENGAH PERTAMA DI MASA PASCA PANDEMI COVID-19: TRANSFORMASI, TANTANGAN DAN ADAPTASI PEMBELAJARAN AL-QURAN HADIST DI MTS NURUL ISLAM BOYOLALI

Ainul Luthfia Al Firda (Pascasarjana UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta)
Siti Hafsoh (MTs Nurul Islam Boyolali)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Pandemi covid-19 dan catatan kelam pendidikan membuat seluruh lembaga pendidikan terpukul mundur. Tidak terkecuali Mts Nurul Islam Boyolali. Transformasi pendidikan dari berbagai cara turut dilakukan mulai dari pembelajaran secara online, tatap muka terbatas, blended learning hingga full tatap muka. Pada masa gencarnya Covid-19 self directed learning menjadi ujung tombak pemulihan pendidikan. Urgensi penelitian ini menitikberatkan pada transformasi, tantangan dan adaptasi pembelajaran Al-Quran Hadist di era pasca pandemi covid-19. Penelitian ini adalah penelitian studi kasus dengan prosedur penelitian mulai dari tahap persiapan, pelaksanaan, dan penulisan hasil serta publikasi. Hasil penelelitian ini ialah transformasi pembelajaran di Mts Nurul Islam dengan metode pembelajaran blended learning yakni menghubungkan metode konvensional dengan perkembangan teknologi digital. Output penerapan metode ini adalah implementasi siswa pada praktik kehidupan sehari-hari yang tercermin dari kepribadian dan karakternya yang sesuai dengan nilai-nilai islami.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...