Jurnal Kiprah Pendidikan
Vol. 2 No. 1 (2023): Jurnal Kiprah Pendidikan | Januari 2023

PENERAPAN METODE MIND MAPPING UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI SISWA PADA PEMBELAJARAN IPS TERPADU KELAS VII DI MTS KHAIRUDDIN GONDANGLEGI

Nur Al Maida (Program Studi Pendidikan IPS, FIP Universitas Islam Raden Rahmat Malang)
Zahrotus Silvi (Program Studi Pendidikan IPS, FIP Universitas Islam Raden Rahmat Malang)



Article Info

Publish Date
31 Jul 2022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS di kelas VII MTs Khairuddin, Gondanglegi, Malang tahun pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan penelitian Tindakan kelas (Classroom Action Research). Subjek penelitian adalah siswa kelas VII MTs Khairuddin sebanyak 13 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah obsevasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS. Dibuktikan dengan rata-rata mendapatkan nilai minimal angket motivasi belajar 75 dengan 3 orang siswa tuntas dan 10 orang siswa tidak tuntas dengan persentase nilai 69 pada siklus I dan 11 orang tuntas dengan presentase nilai 78,46 pada siklus II. Simpulan dalam penelitian ini adalah penerapan metode Mind Mapping dapat meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS pada siswa kelas VII MTs Khairuddin, Gondanglegi, Malang

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kpd

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Jurnal Kiprah Pendidikan [ 2827-8909 (online) | 2810-0433 (print) ] aims to develop and disseminate science and technology through the scientific article of research and study of concepts or theories as an effort to enrich the scientific knowledge in the field of education and teaching. Jurnal ...