Neo-Bis
Vol 8, No 1 (2014): JUNI

PENGARUH KUALITAS LAYANAN, HARGA, VARIAN OBAT DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN APOTEK YAKERSUDA BANGKALAN

Woro Utari (Unknown)



Article Info

Publish Date
15 Apr 2015

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji dan menganalisis pengaruh kualitas layanan , harga dan varian obat dan fasilitas farmasi untuk kepuasan pelanggan apotek Bangkalan Yakersuda . Penelitian ini merupakan penelitian penjelasan untuk menguji pengaruh satu atau lebih variabel independen terhadap variabel dependen . Unit analisis dalam penelitian ini adalah pelanggan di apotek Yakersuda . Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner yang dibagikan kepada responden . Teknik sampling yang digunakan accidental sampling dengan memberikan kuesioner kepada 100 pelanggan yang ditemui selama penelitian berlangsung . Selanjutnya , data dianalisis menggunakan alat statistik SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan farmasi di Yakersuda baik , ini ditunjukkan oleh respon pelanggan melalui kuesioner yang diberikan kepada pelanggan . Selain itu, penelitian juga menunjukkan bahwa pelanggan merasa puas dengan pelayanan , harga yang kompetitif serta banyak varian obat dan fasilitas yang memadai . Hasil lebih lanjut menunjukkan bahwa kualitas layanan , harga dan varian obat memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kepuasan pelanggan , sedangkan fasilitas farmasi tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan pelanggan . Varian obat adalah variabel yang memiliki pengaruh dominan terhadap kepuasan pelanggan

Copyrights © 2014