Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual
Vol 7 No 1 (2023): Volume 7, Nomor 1, 2023

Implementasi Budaya Religius dalam Meningkatkan Kecerdasan Emosional dan Spiritual Siswa di SMP Darussalam Kademangan

Umi Nahdiyah (Unknown)
Nanang Zamroji (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Kerohanian jiwa pada siswa dapat di control menggunakan barometer yaitu dengan kecerdasan emosiaonal dan spiritualnya. Melalui budaya religius yang diterapkan dalam kesehariannya arahan yang diberikan dari lembaga pendidikan adalah sebagai cara meningkatkan kecerdasan emosional spiritualnya. Deskripsi dari penelitian ini yaitu proses implementasi budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa di SMP Darussalam Kademangan. Pendekatan yang digunakan yaitu pendekatan kualitatif dengan studi kasus sebagai jenis penelitiannya. Penelitian ini mempunyai tujuan yaitu memberikan gambaran bagaimanan bentuk penerapan budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa SMP Darussalam Kademangan. Melakukan observasi, wawancara dan dokumentasi sebagai metode dalam mengumpulkan datanya. Mereduksi data, menyajikan data serta penarikan kesimpulan merupakan bentuk analisa data yang dilakukan. Keabsahan datanya diuji dengan melakukan triangulasi pembahasan teman sejawat, memperpanjang kehadiran peneliti, dan melakukan klarifikasi dengan informan. Hasil penelitian ini yaitu, 1) bentuk kegiatan budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual di SMP Darussalam kademangan antara lain: mengucapkan salam dan sebelum belajar mengajar dimulai membaca surat-surat pendek serta berdoa, mengepankan senyum salam sapa, melaksanakan sholat dhuha berjamah setiap hari, melaksanakan sholat dhuhur berjamaah, adanya kegiatan literasi setiap hari selasa, pengajian rutin bersama IPNU IPPNU dengan grup sholawatan, dan safari Ramadhan. 2) implementasi budaya religius dalam meningkatkan kecerdasan emosional dan spiritual siswa dengan guru membina siswa-siswi yang belum begitu lancar membaca al-Qur’an, melaksanakan program kegiatan kerohanian (rohis) seperti peringatan hari raya islam, pelaksanaan upacara hari santri, pondok ramadhan. Budaya religius yang diterapkan Guru berjalan dengan baik, masing-masing kegiatan terjadwal penerapannya. ada evaluasi dari setiap kegiatan baik itu melalui absensi yang disediakan maupun pengamatan. dengan adanya evaluasi siswa semakin lebih disiplin serta aktif dalam melaksanakan kewajibannya dan sipiritual yang di milikinya semakin tinggi. Kata Kunci : Implementasi, budaya pondok pesantren, kecerdasan emosional, kecerdasan spiritual.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Riset_Konseptual

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Pendidikan : Riset dan Konseptual is a scientific journal published by Universitas Nahdlatul Ulama Blitar c.q. Faculty of Science Education. This journal appears in both electronic and printed versions. This journal is published 4 (four) times a year ie January, April, July, October. This ...