Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan
Vol 7, No 4: NOVEMBER 2022: JURNAL SOSIAL EKONOMI PERIKANAN

KEPUASAN WISATAWAN TERHADAP OBJEK WISATA PEMANCINGAN DI DESA KONDA SATU KECAMATAN KONDA KABUPATEN KONAWE SELATAN

Aridho Rahmat Akbar Halik (Jurusan Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo)
Baru Sadarun (Jurusan Ilmu Kelautan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo)
R. Rosmawati (Jurusan Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo)
B. Budiyanto (Jurusan Agrobisnis Fakultas Pertanian Universitas Halu Oleo)
Akhmad Mansyur (Jurusan Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo)
R Risfandi (Jurusan Agrobisnis Perikanan Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Halu Oleo)



Article Info

Publish Date
30 Nov 2022

Abstract

 Kepuasan merupakan tingkat perasaan seseorang setelah membandingkan kinerja atau hasil yang dirasakan dengan harapannya. Sedangkan kepuasan wisatawan adalah perasaan senang ataupun puas setelah berkunjung ke suatu objek wisata. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kepuasan wisatawan terhadap layanan karyawan dan fasilitas objek Wisata Pemancingan. Penelitian ini dilakukan pada Wisata Pemancingan (Urane Fishing) di Desa Konda Satu Kecamatan Konda Kabupaten Konawe Selatan, pada Bulan Februari sampai Maret 2021. Metode sampel yang digunakan adalah accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 30 wisatawan. Analisis data yang digunakan adalah Importance Performance Analisys (IPA), sebagai hasil diperoleh bahwa penilaian wisatawan sangat puas terhadap layanan karyawan dengan nilai skor sebesar 4,15. Sedangkan penilaian wisatawan sangat puas terhadap fasilitas objek wisata dengan nilai skor sebesar 4,42.Kata Kunci :     Tingkat kepuasan, Wisatawan, Wisata Pemancingan, KinerjaKeywords: Satisfaction Level, Employees and Facilities, Fishing TourismSatisfaction is the level of one's feelings after comparing the perceived performance (performance or results) with their expectations. While tourist satisfaction is a feeling of pleasure or satisfaction after visiting a tourist attraction. The purpose of this study was to determine tourist satisfaction with employee services and facilities for fishing tourism objects. This research was conducted on Urane Fishing in Konda Satu Village, Konda District, South Konawe Regency, from February to March 2021. The sample method used was accidental sampling with a sample of 30 tourists. Analysis of the data used is Importance Performance Analysis (IPA), as a result obtained that the rating of tourists is very satisfied with the service of employees with a score of 4.15.while the rating of tourists is very satisfied with the tourist attraction facilities with a score of 4.42.                                                                                                                                                                                       Keywords: Satisfaction Level, Employees and Facilities, Fishing Tourism

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

JSEP

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Environmental Science

Description

Jurnal Sosial Ekonomi Perikanan ini memuat hasil-hasil penelitian yang berkenaan dengan segala aspek bidang ilmu Sosial Ekonomi Perikanan. Sosial Ekonomi Perikanan (sistem agribisnis, analisis biaya-manfaat dan analisis efektivitas biaya, pemasaran hasil perikanan, strategi marketing mix, lembaga ...