Jurnal Pendidikan DEIKSIS
Vol 5 No 1 (2023): Jurnal Pendidikan DEIKSIS

PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR BAHASA INDONESIA PADA SISWA KELAS V SEMESTER I SDN 1 KINTAMANI TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Ni Ketut Trisna Dewi Adnyani (ITP Markandeya Bali)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui peningkatan hasil belajar Bahasa Indonesia siswa kelas V semester I SDN 1 Kintamani Tahun Pelajaran 2022/2023 setelah penerapan model CTL. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SDN 1 Kintamani Tahun Pelajaran 2022/2023 yang terdiri darai 25 orang siswa, sedangkan objek penelitian ini adalah hasil belajar Bahasa Indonesia. Metode pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode tes essay. Data yang didapatkan dari metode tes dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif. Indikator keberhasilan penelitian ini adalah nilai rata-rata siswa minimal sama dengan kreteria ketuntasan minimal (KKM), yaitu 75 dan nilai ketuntasan klasikal 85%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada siklus I nilai rata-rata hasil belajar Bahasa Indonesia 73,20, dan ketuntasan klasikal 60,00% . Pada siklus II terjadi peningkatan nilai rata-rata yaitu 77,00 dan ketuntasan klasikal 88,00%.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

deiksis

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Deiksis merupakan media publikasi dari hasil penelitian dengan focus dan scope pada penelitian tentang bahasa, sastra, dan pendidikan bahasa dan sastra di Indonesia. Penggunaan Deiksis sebagai nama jurnal ilmiah diilhami dari istilah deiksis dalam ilmu linguistik yang berarti ...