Proses meningkatkan baca menjadi urgen dengan menyiapkan strategi yang matang yang dapat diterapkan pada anak usia sekolah dasar/madrasah ibtidaiyah. Strategi yang variatif dan tepat sesuai dengan kebutuhan peserta didik dapat merubah sikap untuk lebih senang dan sering membaca. Minat baca yang baik membawa pengaruh yang positif pada prestasi belajar dan akademik siswa sendiri. Upaya meningkatkan minat baca pada jenjang sekolah dasar, dengan beberapa tahapan yaitu tahap pembiasaan, pengembangan, dan pembelajaran. Upaya yang dapat diterapkan untuk “menumbuhkan/menngkatkan” minat baca; proses pembelajaran di sekolah harus dapat mengarahkan kepada anak-anak supaya rajin membaca buku dengan memamfaatkan literatur yang ada di perpustakaan sekolah atau sumber belajar lainnya. Meciptakan lingkungan yang kondusif bagi tumbuhnya minat baca anak-anakbaik dirumah maupun disekolah. Dirumah orang tua memberikan contoh membaca untuk anak-anaknya. Orang tua mengenal anak-anaknya mereka dengan baikdan dapat menyediakan waktu dan perhatian yang akan membimbing mereka berhasil dalam membaca
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022