AbstrakPermasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik kelas VIII B SMP Negeri 14 Banjarbaru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) pada Materi Teks Ulasan Film/Drama di Kelas VIII B SMP Negeri 14 Banjarbaru Semester Genap Tahun Pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang telah dilakukan dalam dua siklus, masing-masing siklus terdiri atas dua pertemuan yang selalu diakhiri dengan tes akhir siklus. Setiap siklus terdiri atas empat tahap, yaitu tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas kelas VIII B tahun pelajaran 2018-2019 dengan jumlah peserta didik sebanyak 32 orang. Objek penelitiannya adalah model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization). Instrumen yang digunakan adalah test hasil belajar berupa soal pilihan berganda. Cara pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui tes hasil belajar peserta didik mulai dari prasiklus sampai pada setiap akhir siklus untuk mengetahui peningkatan rata-rata tiap siklus. Sedangkan indikator keberhasilan penelitian ini adalah ketuntasan perorangan dan ketuntasan belajar klasikal atau bersama-sama di dalam kelas. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi hasil belajar. Perolehan nilai rata-rata hasil belajar peserta didik pada prasiklus dengan rata-rata 71.41. Sedangkan pada siklus I dengan menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Asssisted Individualization) mengalami peningkatan 6.66% menjadi 81.09 Sedangkan nilai rata-rata di siklus II meningkat 5.39 % dengan rata-rata nilai siklus I ke siklus II menjadi 84,37.Kata Kunci: Hasil Belajar, Bahasa Indonesia, Kooperatif Tipe TAI, Film/Drama
Copyrights © 2020