Permasalahan pada penelitian ini yaitu terletak pada kesulitan siswa dalam pembuatan pola kamisol. Pada hasil belajar siswa masih banyak yang belum mencapai rata-rata atau tidak tuntas, kesulitan pembelajaran yang dialami siswa yaitu karena sulitnya memahami langkah-langkah pembuatan pola kamisol jika guru hanya menggunakan metode pembelajaran dengan metode ceramah dan menerangkan melalui papan tulis saja. Untuk itu perlu adanya metode baru untuk meningkatkan hasil belajar siswa, seperti penggunaan media video. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifitasan hasil belajar siswa menggunakan media video dalam pembuatan pola kamisol. Penelitian ini dilakukan di SMKN 1 Ampek Angkek dengan menggunakan penelitian eksperimen semu dengan jumlah sampel yaitu 50 orang siswa. Penelitian ini menggunakan kelas eksperimen dan kontrol pada kelas XII tata busana A dan B. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu penggunaan media video sangat efektif dalam proses pembelajaran pembuatan pola kamisol.
Copyrights © 2023