Dewantara: Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora
Vol. 1 No. 4 (2022): Desember : Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora

STRATEGI MANAJEMEN KONFLIK DALAM PENGEMBANGAN SOFT SKILL DAN HARD SKILL SISWA KELAS 4 DI SDI FULL DAY BAITUL IZZI

Dindya Vikri Roemaissha (Unknown)
Faizatul Khoiriyah (Unknown)
Alfian Wahidi (Unknown)
Ahmad Ansori (Unknown)
Mu’allimin Mu’allimin (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Nov 2022

Abstract

Penelitian ini difokuskan untuk menjelaskan bagaimana strategi manajemen konflik terhadap pengembangan soft skill dan hard skill siswa kelas 4 di SD I Full Day Baitul Izzi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dalam mengumpulkan data. Hasil penelitian ada beberapa konflik yang terjadi dalam pengembangan soft skill dan hard skill, diantaranya: a. Konflik dalam pengembangan soft skill; pergeseran norma-norma yang disebabkan oleh perkembangan zaman, karakter bawaan yang dimiliki oleh peserta didik. b. Konflik dalam pengembangan hard skill ; perbedaan IQ, malas membaca dan menulis. Adapun beberapa upaya yang telah dilakukan yakni : a. Strategi manajemen konflik dalam pengembangan soft skill ; menggunakan metode bina kelas, menjadi Uswatun Hasanah. b. Strategi konflik dalam pengembangan hard skill ; memberikan jam tambahan pada siswa yang memilik IQ rendah, menunjuk anak yang malas membaca untuk membaca saat pembelajaran dan mencatat setiap materi yang telah dijelaskan bagi anak yang malas menulis.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

Dewantara

Publisher

Subject

Arts Humanities Economics, Econometrics & Finance Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Ilmu Sosial Ilmu Ekonomi Akuntansi Manajemen Kebudayaan Pendidikan Sejarah Pariwisata Gender Humaniora Seni Budaya Linguistik Sastra Filsafat Studi Agama Studi Media dan Komunikasi Berbagai bidang penelitian yang ...